Sabtu, 27 Agustus 2011

CLOTHING SHOP


hai.....ane M.Fidaus Biasa di panggil EGIE, ane adalah seorang lulusan universitas atmajaya, ane adalah seorang pekerja lepas alias ngangguur....he2;). tapi saat ini sedang berusaha membangun usaha Distro and Clothing yang punya nama "EgieArt. ( KaoSablon Satone R@G )" (untuk yang dekat dengan lokasi kita (jl. jendral Sudirman, Pasar Baru Cigondang tepat,y masih di rumah RT/RW 003/02 desa Cigondang, Kec Labuan-Banten ) mampir yak.
sampai saat ini masih sebagai pemegang saham (cek ile......gaya). Disambi ngeblog gan, Okelah sekedar perkenalan awal ini lebih dari cukup.

rahasia sukses menjalankan bisnis distro & clothing shop

bisa dibilang usaha distro saat ini sangat menjanjikan, dari sekedar membuka lapak seperti pedagang kaki lima hingga yang besar hingga mempunyai manajemen dan tim desain sendiri. banyak dari pengusaha distro yang sukses menjalankan usahanya, ada juga yang bangkrut. dari sini saya mencoba mengrek dan berbagi tips kepada khalayak mengenai seluk beluk bisnis distro & Clothing shop ini.

pertama sebelum mengetahui bagaiman usaha distro & clothing shop dijalankan alangkah baiknya kita mengetahui apa itu distro? dan Clothing shop? apa perbedaannya?
DISTRO atau Distribution outlet (banyak orang yang tidak mengetahuinya) adalah usaha membuat, mendesain gambar, hingga menjual pakaian. sedangkan Clothing shop adalah usaha pra jual pakaian dari distro, jadi perbedaannya adalah dari segi produksi dan penjualan. Dari sini banyak hal yang harus dipelajari seorang pegusaha agar usaha yang dijalankan lancar.
langkah pertama adalah
Pertama-tama yang harus Anda benahi adalah manajemennya. Jika ingin menjadi besar, jangan lagi mengandalkan manajemen dan pembukuan ala kadarnya, ala pertemanan, saling percaya, dll.

Perencanaan bisnis juga harus dirubah, dari yang bersifat 'go with the flow, tiap hari strategi bisa berubah, menjadi perencanaan bisnis yang solid dan ditentukan secara seksama jangka panjang. Untuk bisa maju, harus dipikirkan secara professional, ke arah mana bisnis Jual Tshirt (Distro) Anda akan dikembangkan. Beberapa pekerjaan rumah Anda antara lain:

1. Lakukan penelitian ulang terhadap bisnis Anda saat ini. Sudah sampai pada tahap manakah Anda melangkah ? Sudah berhasilkah Anda selama ini? Jika sudah berhasil, apa key success factors-nya? Jika belum, apa hambatannya?

2. Bagaimana sebaiknya langkah ke depannya? Apakah sasaran target pembelinya sudah tepat? Apakah positioning Distro Anda di benak target pembeli sudah sama dengan yang Anda harapkan? - Jika Anda ingin mengadakan perubahan, apakah itu sebuah perubahan besar atau hanya sekedar perbaikan dari strategi yang sudah dilaksanakan sekarang? Anda perlu jawab beberapa pertanyaan berikut ini:

3. Sudah terkenalkah nama Distro Anda? Apakah namanya mudah diingat dan cocok dengan tema style atau desain Baju Tshirt yang dijual? Perlukah dilakukan re-branding atau memberikan nama baru pada Distro?

4. Apakah sudah cukup puas dengan hanya mendisain saja pakaian-pakaian (Baju Tshirt) tersebut, tanpa mempunyai tim produksi sendiri? Sanggupkah secara manajemen Anda menangani ekpansi ke produksi?

5. Apakah selama ini disain Baju Tshirt yang digunakan adalah disain 'bajakan' alias mencontoh disain brand yang sudah mapan, ataukah disain original hasil kreasi teman-teman sendiri? Apakah disain original Anda sudah mendapat tempat tersendiri di pasar

6.Apakah lokasi yang sekarang digunakan sudah cukup strategis dan memadai

7. Bagaimana selama ini promosi yang sudah dilakukan? Sudah optimalkah? Apakah sudah dipikirkan bagaimana membesarkan brand melalui promosi WOM/ word-of-mouth communication atau promosi dari mulut ke mulut?

Menurut pendapat saya, bisnis Jual Tshirt jadi akan selalu punya tempat tersendiri. Kita amati sendiri beberapa tahun terakhir ini. Tampaknya bisnis Distro atau factory outlet atau apapun namanya, masih saja digemari konsumen. Mungkin yang berubah adalah jenis produk yang ditawarkan, jenis displaynya, jenis desainnya, dll. Tetapi secara prinsip, bisnis pakaian (Baju T Shirt) jadi akan selalu menjanjikan. Jadi lanjutkan berusaha di bisnis ini - keep going!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar